Text
Pengembangan media puzzle akrilik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN Jembatan Lima 03 Jakarta pada materi bangun datar
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Puzzle Akrilik dan mengetahui efektivitanya dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD pada materi bangun datar. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media konkret dan interaktif dalam pembelajaran matematika, yang menyebabkan siswa kurang aktif dan kesulitan memahami konsep geometri secara mendalam. Puzzle Akrilik dirancang agar siswa dapat menyusun dan membongkar bentuk bangun datar secara langsung, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jembatan Lima 03 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle Akrilik berhasil dikembangkan dengan baik dan dinyatakan layak digunakan. Selain itu, hasil uji coba juga membuktikan efektivitas media, ditunjukkan oleh peningkatan signifikan rata-rata skor kreativitas siswa, dari 65,62 menjadi 86,56 pada uji skala kecil, dan dari 69,69 menjadi 92,18 pada uji skala besar. Dengan demikian, output penelitian ini berupa produk media pembelajaran Puzzle Akrilik yang layak dan terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD pada materi bangun datar.
| PGSD25/042 | PGSD 25/042 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain