PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan media puzzle akrilik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN Jembatan Lima 03 Jakarta pada materi bangun datar

Text

Pengembangan media puzzle akrilik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN Jembatan Lima 03 Jakarta pada materi bangun datar

Aulia Feidah Sulistia - Nama Orang - Pengarang Utama; Rudi Ritonga - Nama Orang - Pembimbing;

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Puzzle Akrilik dan mengetahui efektivitanya dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD pada materi bangun datar. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media konkret dan interaktif dalam pembelajaran matematika, yang menyebabkan siswa kurang aktif dan kesulitan memahami konsep geometri secara mendalam. Puzzle Akrilik dirancang agar siswa dapat menyusun dan membongkar bentuk bangun datar secara langsung, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jembatan Lima 03 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle Akrilik berhasil dikembangkan dengan baik dan dinyatakan layak digunakan. Selain itu, hasil uji coba juga membuktikan efektivitas media, ditunjukkan oleh peningkatan signifikan rata-rata skor kreativitas siswa, dari 65,62 menjadi 86,56 pada uji skala kecil, dan dari 69,69 menjadi 92,18 pada uji skala besar. Dengan demikian, output penelitian ini berupa produk media pembelajaran Puzzle Akrilik yang layak dan terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD pada materi bangun datar.


Ketersediaan
PGSD25/042PGSD 25/042Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD 25/042
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Elementary school teaching
Trilogi University--Elementary schools
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Aulia Feidah Sulistia
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik