Text
Pengembangan media virtual reality terintegrasi problem based learning siswa kelas V A SDN Dukuh 01 pagi Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Virtual Reality Matematika terintegrasi Problem Based Learning materi Bangun Ruang untuk siswa kelas V A SDN Dukuh 01 Pagi, serta mengetahui kelayakan dan keefektifannya. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) model Dick and Carey dengan sampel 29 siswa, terdiri dari 2 siswa skala perseorangan, 6 siswa skala kecil, dan 29 siswa skala besar. Data kualitatif dan kuantitatif dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil validasi menunjukkan kategori sangat layak: ahli media 86%, ahli bahasa 96%, ahli materi 96,36%, skala perseorangan 96,60%, skala kecil 96%, dan skala besar 91,95%. Keefektifan media berdasarkan gain score berada pada kategori sedang: skala perseorangan 0,50 (pretest 70; posttest 85), skala kecil 0,48 (pretest 72,5; posttest 85,83), dan skala besar 0,61 (pretest 50; posttest 85). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran ini layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
| PGSD25/043 | PGSD 25/043 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain